apa sii

catcot [catatan bacot] let's cekidot.....

Kamis, 02 Januari 2014

HATI-HATI PENIPUAN BERKEDOK LOWONGAN PEKERJAAN!



Bagi para freshgrad pasti lagi semangat2nya ni nyari kerja, banyak yg dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan dari mengikuti jobfair, apply lamaran lewat jobstreet , email, dan kirim lewat kantor pos. dan disini gw mau sedikit cerita tentang pengalaman gw yang hampir kena tepeng.
Gw coba browsing2 lowongan pekerjaan, serch untuk posisi yg sesuai dengan background pendidikan dan liat ada lowongan di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kebayoran, gw liat iklan itu di toko bagus, disitu dicantumin untuk apply CV via email kesini rsmitrakeluargaa@gmail.com. Tanpa pikir panjang gw apply deh tuh. Apply tanggal 27 Desember 2013 dan dapet respon via SMS tanggal 2 Januari 2014 isi SMS nya gini:  HRD INFO UNDANGAN / PANGGILAN untuk mengikuti tahap seleksi Calon Karyawan RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA. Semua peserta telah dikirimkan via Email, silahkan cek email anda dan untuk batas akhir registrasi peserta pada : kamis, 02 Jan 2014 Pukul 17.00 wib terima kasih.
Setelah cek email dapet kiriman undangan PDF gitu pas dibukaaaaaa…
Itu undangan bener2 mulus bgt maksudnya bener2 meyakinkan pelamar dari mulai jadwal dan kegiatan apa aja yg akan dilaksanakan dari pihak rumah sakit secara rinci. Disitu disebutin bahwa tahap seleksi dilakukan selama 3 hari tapi disitu salah dalam menuliskan hari. Senin 6 Januari 2014 – Selasa 8 Januari 2014. Jelas jelas setelah senin tanggal 6 ya selasa tanggal 7. (masa bisa salah?) tapi disitu gw masih positif thinking.


 Dan diliat dihalaman berikutnya jadwal yg lebih rinci ternyata diadain selama 3 hari 6-8 januari 2014. Disitu harus registrasi via sms ke nomer yg tadi gw dapet sms. Karena itu acaranya dari siang sampe malem (mulai curiga lagi gw).
 
Dari tahapan seleksi sampe pengumuman hasil seleksi cuma 3 hari meeeeeeeenn cepet bgt (ciruga lagi) dan klo dilihat lebih detail, ada kata2 yg digunakan disitu banyak yg ga sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar kaya gini nih “Fakta jadi pakta” ada lagi “jadwal jadi jadual” (hahahah ketawa aja gw sih). 
Yang lebih anehnya lagi biaya akomodasi, nanti kita bakal dijemput/anter sama travel yang udah kerjasama dengan pihak rumah sakit, dalam 3 hari proses recruitment.  pembayaran travel ditanggung oleh perusahaan baik untuk SEMUA PESERTA yang lolos maupun yang ga lolos untuk daerah jabodetabek bahkan sampe luar jabodetabek di TANGGUNG PERUSAAHAAN (curiga 99%) anehnya dimana???? Bukannya bagus kalo di tanggung perusahaan??? Tunggu dulu..ternyata itu semua pake METODE SISTEM PENGGANTIAN / REFUND jadi biaya transportasi/akomodasi dibebakan sementara ke peserta seleksi dengan cara mentransfer uang terlebih dahulu setelah sampai ke lokasi barulah perusahaan akan menggantikannya (GILAAAAAA HARI GINIIIIIII) ini sih langsung 100% curiga. 

Dari situ langsung buka web resmi RS Mitra Keluarga dan langsung gw laporin via TLP. Katanya gini “pihak rumah sakit ga pernah masukin iklan lowongan pekerjaan di toko bagus jadi hanya di MITRA GROUP aja dan tidak pernah memberitahukan melalui SMS kita langsung TLP”. JEGEEEEEERRRRRR…..!!!
Astagfirulohalazim..semoga cepet sadar orang2 macam gini yang kerjanya cuma bisa jadi TUKANG TEPENG (re: tipu)  yang makan uang HARAM Naudzubilahiminzaliq.
Tips2 buat para Jobseeker apalagi yg masih freshgrad yg minim pengetahuan tentang mencari kerja (kaya gw gini) perhatikan:
1. Jangan langsung percaya dengan lowongan pekerjaan selain di WEBSITE RESMI perusahaan
2. Abaikan sms atau panggilan pekerjaan jika emang ga pernah apply ke perusahaan tersebut, jika perusahaan menyebutkan informasi di dapat dari buku alumni, pastikan hubungi headoffice perusahaan tersebut .
3. Biasanya proses Recruitment tidak pernah memumut BIAYA SEPESERPUN (orang kita lagi nyari uang masa keluar uang kan lucu hahaha).
4. Alamat email harus jelas dan tidak menggunakan email gratisan (yahoo, gmail, lycos, hotmail dan yang lainnya)  Email yang dicantumkan mestinya menggunakan domain perusahaan. 
5. sering2 browsing juga perusaahan2 apa aja yang merekrut orang2 untuk jadi penipu. Oya para penipu sering menggunakan JL. AHMAD YANI NO.54, BANDUNG  sebagai perusahaannya. Soalnya dalam satu alamat sering dipake untuk beberapa perusahaan yang beda. Nah loh
6. Lebih terpercaya lagi kalo panggilan pekerjaan melalui TLP BUKAN SMS.
Semoga bermanfaat dan bisa lebih cermat lagi dalam mencari pekerjaan!

5 komentar:

  1. Sayangnya koko saya sama saya kena nih sis.. u.u

    cek balik di post paling atas www.sanz-yu.blogspot.com

    Harus lebih waspada lagi untuk ke depannya. Thanks uda share.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun turut sedih dengernya, makannya aku langsung buru2 share biar pada ga ketipu tapi yaudh deh buat pengalaman aja smg kedepannya lebih mawas lagi :)

      Hapus
  2. Makasih sudah berbagi pengalamannya...
    Pengalaman yang menjadi pembelajaran berharga buat saya kelak..
    Salam kenal . . .

    BalasHapus
  3. harus lebih hati-hati.
    Blogwalking:)---------------------------> pammadistro.blogspot.com

    BalasHapus