Bagi para freshgrad pasti lagi semangat2nya ni nyari
kerja, banyak yg dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan dari mengikuti jobfair,
apply lamaran lewat jobstreet , email, dan kirim lewat kantor pos. dan disini
gw mau sedikit cerita tentang pengalaman gw yang hampir kena tepeng.
Gw coba browsing2 lowongan pekerjaan, serch untuk
posisi yg sesuai dengan background pendidikan dan liat ada lowongan di Rumah
Sakit Mitra Keluarga Kebayoran, gw liat iklan itu di toko bagus, disitu
dicantumin untuk apply CV via email kesini rsmitrakeluargaa@gmail.com.
Tanpa pikir panjang gw apply deh tuh. Apply tanggal 27 Desember 2013 dan dapet
respon via SMS tanggal 2 Januari 2014 isi SMS nya gini: HRD INFO UNDANGAN / PANGGILAN untuk mengikuti
tahap seleksi Calon Karyawan RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA. Semua peserta telah
dikirimkan via Email, silahkan cek email anda dan untuk batas akhir registrasi
peserta pada : kamis, 02 Jan 2014 Pukul 17.00 wib terima kasih.
Setelah cek email dapet kiriman undangan PDF gitu pas
dibukaaaaaa…
Itu undangan bener2 mulus bgt maksudnya bener2
meyakinkan pelamar dari mulai jadwal dan kegiatan apa aja yg akan dilaksanakan
dari pihak rumah sakit secara rinci. Disitu disebutin bahwa tahap seleksi
dilakukan selama 3 hari tapi disitu salah dalam menuliskan hari. Senin 6
Januari 2014 – Selasa 8 Januari 2014. Jelas jelas setelah senin tanggal 6 ya
selasa tanggal 7. (masa bisa salah?) tapi disitu gw masih positif thinking.
Dan diliat
dihalaman berikutnya jadwal yg lebih rinci ternyata diadain selama 3 hari 6-8
januari 2014. Disitu harus registrasi via sms ke nomer yg tadi gw dapet sms.
Karena itu acaranya dari siang sampe malem (mulai curiga lagi gw).
Dari tahapan seleksi sampe pengumuman hasil seleksi cuma
3 hari meeeeeeeenn cepet bgt (ciruga lagi) dan klo dilihat lebih detail, ada
kata2 yg digunakan disitu banyak yg ga sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik
dan benar kaya gini nih “Fakta jadi pakta” ada lagi “jadwal jadi jadual”
(hahahah ketawa aja gw sih).
Yang lebih anehnya lagi biaya akomodasi, nanti kita
bakal dijemput/anter sama travel yang udah kerjasama dengan pihak rumah sakit, dalam
3 hari proses recruitment. pembayaran
travel ditanggung oleh perusahaan baik untuk SEMUA PESERTA yang lolos maupun
yang ga lolos untuk daerah jabodetabek bahkan sampe luar jabodetabek di
TANGGUNG PERUSAAHAAN (curiga 99%) anehnya dimana???? Bukannya bagus kalo di
tanggung perusahaan??? Tunggu dulu..ternyata itu semua pake METODE SISTEM
PENGGANTIAN / REFUND jadi biaya transportasi/akomodasi dibebakan sementara ke
peserta seleksi dengan cara mentransfer uang terlebih dahulu setelah sampai ke
lokasi barulah perusahaan akan menggantikannya (GILAAAAAA HARI GINIIIIIII) ini sih
langsung 100% curiga.
Dari situ langsung buka web resmi RS Mitra Keluarga dan langsung gw laporin via TLP. Katanya gini “pihak rumah sakit ga pernah masukin iklan lowongan pekerjaan di toko bagus jadi hanya di MITRA GROUP aja dan tidak pernah memberitahukan melalui SMS kita langsung TLP”. JEGEEEEEERRRRRR…..!!!
Dari situ langsung buka web resmi RS Mitra Keluarga dan langsung gw laporin via TLP. Katanya gini “pihak rumah sakit ga pernah masukin iklan lowongan pekerjaan di toko bagus jadi hanya di MITRA GROUP aja dan tidak pernah memberitahukan melalui SMS kita langsung TLP”. JEGEEEEEERRRRRR…..!!!
Astagfirulohalazim..semoga cepet sadar orang2 macam
gini yang kerjanya cuma bisa jadi TUKANG TEPENG (re: tipu) yang makan uang HARAM Naudzubilahiminzaliq.
Tips2 buat para Jobseeker apalagi yg masih freshgrad
yg minim pengetahuan tentang mencari kerja (kaya gw gini) perhatikan:
1. Jangan langsung percaya dengan lowongan pekerjaan
selain di WEBSITE RESMI perusahaan
2. Abaikan sms atau panggilan pekerjaan jika emang ga
pernah apply ke perusahaan tersebut, jika perusahaan menyebutkan informasi di
dapat dari buku alumni, pastikan hubungi headoffice perusahaan tersebut .
3. Biasanya proses Recruitment tidak pernah memumut
BIAYA SEPESERPUN (orang kita lagi nyari uang masa keluar uang kan lucu hahaha).
4. Alamat email harus
jelas dan tidak menggunakan email gratisan (yahoo, gmail, lycos, hotmail dan
yang lainnya) Email yang dicantumkan
mestinya menggunakan domain perusahaan.
5. sering2 browsing juga perusaahan2 apa aja yang merekrut orang2 untuk jadi penipu. Oya para penipu sering menggunakan JL. AHMAD YANI NO.54, BANDUNG sebagai perusahaannya. Soalnya dalam satu alamat sering dipake untuk beberapa perusahaan yang beda. Nah loh
6. Lebih terpercaya lagi kalo panggilan pekerjaan melalui TLP BUKAN SMS.
5. sering2 browsing juga perusaahan2 apa aja yang merekrut orang2 untuk jadi penipu. Oya para penipu sering menggunakan JL. AHMAD YANI NO.54, BANDUNG sebagai perusahaannya. Soalnya dalam satu alamat sering dipake untuk beberapa perusahaan yang beda. Nah loh
6. Lebih terpercaya lagi kalo panggilan pekerjaan melalui TLP BUKAN SMS.
Semoga bermanfaat dan bisa lebih cermat lagi dalam
mencari pekerjaan!
Sayangnya koko saya sama saya kena nih sis.. u.u
BalasHapuscek balik di post paling atas www.sanz-yu.blogspot.com
Harus lebih waspada lagi untuk ke depannya. Thanks uda share.. :)
ya ampun turut sedih dengernya, makannya aku langsung buru2 share biar pada ga ketipu tapi yaudh deh buat pengalaman aja smg kedepannya lebih mawas lagi :)
HapusMakasih sudah berbagi pengalamannya...
BalasHapusPengalaman yang menjadi pembelajaran berharga buat saya kelak..
Salam kenal . . .
sundul gan
BalasHapusharus lebih hati-hati.
BalasHapusBlogwalking:)---------------------------> pammadistro.blogspot.com